Categories
News

Peranti Alat Las Masa Kini – Bertenaga Listrik, Enteng Di Bawa

Peranti Alat Las Masa Kini – Bertenaga Listrik, Enteng Di Bawa

Batang-batang besi terpotong dengan mudah oleh mesin potong besi. Lempengan besi berlubang oleh mesin bor. Dan mesin gerinda menghaluskan setiap permukaan besi yang kasar. Ada sebuah pemandangan khas yang akan kita lihat di sekitar kompleks perumahan baru. Di kawasan seperti itu biasanya akan muncul usaha-usaha yang berkaitan dengan rumah. Selain toko bahan bangunan atau bengkel pintu dan jendela kayu, di sekitar perumahan baru biasanya juga muncul bengkel las.

Sumber : Jasa Seo Semarang

Kehadirannya dibutuhkan penghuni kompleks untuk melengkapi rumah mereka dengan fasilitas tambahan, seperti teralis dan pagar. Berbeda dengan bengkel las era 1980-an atau sebelumnya, bengkel las saat ini telah menggunakan peralatan listrik. Peralatan tersebut di antaranya adalah mesin atau trafo las, mesin potong besi, mesin gerinda, dan mesin bor. Murah, Ukuran Imut Peralatan listrik utama bengkel las tentu saja mesin las. Untuk bengkel las yang menerima pesanan pagar, teralis, dan atap carport atau garasi, mesin las yang digunakan umumnya kelas DC inverter.

Harga trafo las ini tidak terlalu mahal, sehingga mampu dibeli oleh pelaku usaha bengkel kecil. Ukurannya juga kecil, dari 270 x 200 x 110 mm hingga 547 x 304 x 512 mm. Kalau dibayangkan, ukuran ini sebesar kardus air minum dalam kemasan. Bobotnya pun ringan. Hanya sekitar 6 kg – 28,5 kg. Ukuran mungil dan berbobot ringan ini memudahkan pekerja bengkel membawa alat tersebut ke tempat konsumen. Bahkan mereka cukup menggunakan sepeda motor untuk mengangkutnya. Trafo las kelas DC inverter umumnya menggunakan listrik PLN.

Namun, ada beberapa tipe yang bisa menggunakan listrik dari PLN maupun genset. Ketika dibeli, trafo las biasanya sudah dilengkapi dengan pemegang elektroda, earth clamp, kabel las, dan kedok las atau kaca hitam. Pemegang elektroda adalah bagian alat yang digunakan untuk menjepit kawat las ketika proses pengelasan. Bagian ini dialiri arus listrik negatif. Earth clamp digunakan menjepit besi yang hendak dilas untuk mengalirkan arus listrik positif.

Kedua bagian tersebut dihubungkan dengan trafo las menggunakan kabel las. Sedangkan, kedok las atau kacamata dikenakan tenaga pengelas untuk melindungi matanya dari sinar dari api yang timbul saat pengelasan. Tanpa alat ini fungsi penglihatan mata pengelas bisa terganggu karena sinar yang muncul pada titik pengelasan sangat menyilaukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *