Categories
News

Bahas Koalisi, SBY Temui Prabowo

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo B a m b a n g Yu d h o y o n o (SBY) menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Jl Kartanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (30/7) pagi. SBY yang turut menggadang putranya Agus Harimurti Yudhoyono tiba di rumah Prabowo pukul 10.00 WIB. Dari pantauan di rumah Kartanegara, SBY disambut Prabowo dengan akrab. SBY dan Prabowo juga sempat menyapa awak media sebelum masuk ke dalam rumah untuk melakukan pertemuan tertutup. Sejumlah elite Partai Gerindra dan Demokrat hadir di rumah mantan Danjen Kopassus itu. Dari Gerindra yang hadir di antaranya Sekjen Ahmad Muzani, Waketum Sufmi Dasco Ahmad, Fadli Zon, Ferry Juliantono, dan anggota dew a n P e m b i n a F u a f Bawazier. Dari Demokrat tampak hadir seperti Hinca Pandjaitan, Syarif Hasan, Nurhayati Ali Assegaf, Roy S u r y o , F e r d i n a n d H u t a h a e a n , H e r m a n Khaeron, dan Teuku Rifky. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, pertemuan SBY-Prabowo sebagai balasan kedua setelah Prabowo bertemu di kediaman SBY pekan lalu. Pertemuan hari ini akan membicaraan peluang dan kemungkinan melakukan koalisi antara Gerindra dan Demokrat.

“Pertemuan sudah cukup intensif produktif meskipun pembicaraan sebelumnya belum pada titik-titik konkret. Pagi ini bisa lebih pada sesuatu yang nyata dan konkret dan kami belum sampaikan itu karena belum berlangsung,” kata Muzani. Menurut Muzani, pertemuan pekan lalu masih penjajakan sebagai sebuah kemungkinan koalisi dan barangkali hari ini lebih konkret. Namun, ia enggan berspekuasi karena pertemuan SBY-Prabowo masih berlangsung. “Saya berharap pertemuan hari ini basa lebih produktif sehingga apa yang jadi pertanyaan dan harapan masyarakat terjawab,” katanya. Muzani menyatakan, SBY sungguh-sungguh akan mendorong Prabowo sebagai capres karena waktu pertemuan di kediaman Kuningan, Prabowo datang sebagai capres Gerindra. Hal yang sama juga terjadi pada kunjungan balasan dari Demokrat untuk temui capres yang diusung Gerindra Menurut Waketum PD Syarief Hasan, pertemuan belum akan membahas soal pasangan capres-cawapres yang akan mereka usung. Meski begitu, potensi koalisi kedua partai ini menurutnya sudah ada kemajuan.

“Kalau capres dan cawapres kayaknya sih belum karena soal cawapres harus dibicarakan di antara partai koalisi. Saya pikir pasti akan ada peningkatan karena kalau pertemuan dari pertemuan itu salah satu tanda ada kecocokan,” Prabowo Capres W a k e t u m P a r t a i Gerindra Fadli Zon menegaskan, rencana mengusung Prabowo Subianto menjadi calon presiden di Pemilu 2019 sudah bulat. Menurutnya, Prabowo juga tidak ragu diusung Gerindra sebagai capres. “Kalau Pak Prabowo maju, ini bagi kami sudah 100 persen. Pasti, jadi tidak ada keraguan sedikit pun,” kata Fadli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *